'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Menjaga Akidah Islam dengan Amal Shalih
20 September 2022 10:23 WIB | dibaca 100

TABLIGH.AISYIYAH.ID, YOGYAKARTA--Surat Al-Ashr merupakan bagian dari juz 30 yang termasuk surat Makkiyyah yang berjumlah 3 ayat, dan tergolong surat pendek dalam Al-Quran. Surat Al-Ashr ternyata memiliki makna yang luar biasa. Bahkan KH. Ahmad Dahlan mengulang-ulang surat ini sampai 7 bulan karena berfokus pada makna dan penerapannya secara rill.

Dalam Pengajian Indahnya Cahaya Islam (16/9) yang diselenggarakan atas Kerjasama antara Majelis Tabligh PP Muhammadiyah dengan Majelis Tabligh PP ‘Aisyiyah, Nur hidayani menekankan bahwa seorang muslim hendaknya menjaga Aqidah dengan senantiasa beramal Shalih.

Q.S al-‘Ashr yang mana Allah menyandingkan iman dengan amal Saleh. “Jadi Menurut KH Ahmad Dahlan yang dimaksud amal saleh adalah perkara-perkara yang telah dijelaskan satu-persatu di dalam Al-Qur’an,” tutur Nur Hidayani.

Berikut ini merupakan arti dari Q.S. Al-Asr ayat 1-3 yakni: (1) demi masa (2) Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian (3) kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.

“Singkatnya yaitu amalan yang membawa kemanfaatan bagi diri sendiri, keluarga, kerabat, dan manusia pada umumnya dan bukan merupakan sesuatu yang mendatangkan madharat bagi orang lain,” ujarnya.

Surat Al-Ashr mengajarkan kita pada posisi manusia terhadap dimensi kehidupan yang bergulir akan waktu yang menjadikan manusia dihadapkan oleh kubang kerugian. Kerugian tersebut dapat membelenggu manusia sepanjang waktu namun, apabila manusia menuai kesadaran akan nikmat-nikmat yang Allah SWT limpahkan akan segala kehidupan ini.

Kerugian itu akan sirna yang menjadi pengecualian manusia yang mau beriman manusia yang mengerjakan amal shalih, menasehati dalam kebenaran, dan menasehati dalam kesabaran itulah, kandungan Q.S. Al-ashr yang tertangkup didalamnya.

Shared Post:
Arsip Berita
Berita Terbaru
Berita Terkomentari