'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Makna Musibah Dalam Kehidupan
06 September 2022 11:13 WIB | dibaca 122

 

TABLIGH.AISYIYAH.OR.ID--Musibah memilki arti kejadian menyedihkan yang menimpa seseorang, baik karena faktor alam maupun manusia. Sedangkan jika berpedoman pada Al-Qur'an, terdapat beberapa makna yang dapat digunakan untuk memahami perkara musibah yang sedang dihadapi.

Di antaranya dalam QS Al-Ankabut, dalam surah ini disebutkan bahwa musibah merupakan salah satu cara Allah untuk menguji keimanan dan kesabaran hamba-Nya. Selain itu dalam ayat lain, dikatakan bahwa musibah adalah jalan untuk pengampunan, penyembuh berbagai penyakit serta sebagai sarana pembalasan akan kesalahan yang telah di lakukan.

"Apakah manusia mengira, bahwa mereka akan dibiarkan hanya dengan mengatakan, "Aku beriman," dan mereka tidak diuji? Dan sungguh kami telah menguji orang-orang sebelum mereka, maka Allah pasti mengetahui orang-orang yang benar dan mengetahui orang-orang yang dusta," QS Al-Angkabut 2-3.

Menurut ustaz Wawan Gunawan, setiap musibah merupakan cara Allah menggabarkan kepada hamba-Nya berita gembira, tentang kebahagian setelah kesengsaraan dan dibalik itu semua pasti ada hikmah. Dirinya mengatakan jika seseorang berharap mendapat kemudahan, ataupun kesenangan selama hidup, maka yang pertama kali dia rasakan adalah kesusahan.

“Apa saja yang terjadi dengan kita pasti ada maknanya, sekecil apapun itu,” ujarnya dalam kajian Indahnya Cahaya Islam yang diselenggarakan atas Kerjasama Majelis Tabligh Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah Majelis Tabligh, (2/9).

Dirinya juga menambahkan bahwa seorang muslim harus senantiasa belajar mengambil hikmah dari setiap Musibah yang menimpa seketika.

“Kebahagiaan itu muncul setelah melalui usaha yang melelahkan, seperti kata Firman Allah setelah kesulitan pasti ada kemudahan dan kemenangan,” tegasnya.

Shared Post:
Arsip Berita
Berita Terbaru
Berita Terkomentari